Belajar Memasak - Cara Memotong Ala Chef

Belajar memasak itu hal yang paling mudah. Setiap orang selalu beranggapan "memasak itu susah". Tapi kalau kita punya kemauan passion akan lebih mudah mempelajarinya. Saya Pras kalau ingin belajar masak ikutin saya. Sebelum memulai memotong ada sesuatu yang harus kita persiapkan. Peralatan memotong. Yang pertama adalah napkin. Kegunaan napkin ini untuk landasan di bawah cutting board. Supaya cutting board tidak bergerak menghindari kecelakaan. Yang kedua adalah cutting board. Cutting board ini tempat alas untuk memotong sesuatu untuk menghasilkan barang/produk yang akan kita potong.

Yang kedua adalah peralatan. Pisau Peeler Small knife Peralatan ini sangat dibutuhkan. Kenapa? Karena alat-alat ini yang bisa memotong sayuran atau bahan yang kita akan pergunakan. Berbagai jenis pisau yang dipergunakan di kitchen itu banyak. Saya akan memberikan contoh beberapa pisau yang ada di dapur contohnya Chef Knife Seperti yang saya pegang ini. Pisau ini multiguna. Kegunaannya apa? Untuk memotong membentuk potongan dan mengiris. Ada lagi yang namanya Utility Knife. Yang ketiga contohnya adalah Bread Knife atau pisau roti. Pisau ke yang keempat itu ada Meat Cleaver. Meat Cleaver itu pisau daging. Dipergunakan untuk memotong daging atau memotong tulang. Yang kelima adalah Paring Knife. Pisau yang berukuran antara 3-5 cm yang dipergunakan untuk memotong mengupas atau membuat garnish. Untuk pisau yang kecil. Pisau yang kecil ini ada dua macam. Small Knife sama Paring Knife. Small Knife sama Paring Knife ini dipergunakan untuk membuat garnish dan mengupas. Saya akan menunjukkan kegunaan pisau sebelum saya mengajarkan memotong. Yang ujung ini dipergunakan untuk memotong bahan baku yang mudah. Yang tengah untuk memotong bahan baku yang sedang. Sedangkan yang di belakang memotong bahan baku yang sangat keras. Ini akan saya berikan contoh jenis potongan Large Dice. Pinggirnya kita mulai potong. Sisinya satu demi satu. Kemudian kita bagi jadi dua potongan. Setelah itu kita bagi jadi dua potongan lagi. Ukurannya kurang lebih antara 2 cm x 2 cm. Kegunaannya dari potongan large dice itu untuk soup stew atau braised. Jenis potongan yang kedua saya akan mencontohkan jenis potongan Medium Dice. Ukuran vegetable-nya perkiraan sekitar 3-4 cm. Kegunaannya untuk Medium Dice itu untuk braised saute atau stew. Jenis potongan yang ketiga ini akan saya contohkan Small Dice. Panjang vegetable-nya atau sayurannya itu ukuran 3-4 cm. Dengan ukuran potongan 6 mm x 6 mm. Contoh untuk potongan ini bisa dipergunakan buat salad. Untuk potongan yang keempat saya akan memberikan contoh potongan Julience. Potongan Julience ukurannya 1 mm. Kegunaan dari potongan Julience ini untuk garnish salad soup atau chinese stir-fried. Untuk potongan yang kelima jenis potongan yang kelima adalah Fine Julience. Panjang sayurannya itu 4 cm. Untuk ukuran sayuran itu 0 5 mm x 0 5 mm. Contoh untuk potongan ini ini digunakan sebagai garnish salad dan soup. Untuk yang keenam saya akan menunjukkan potongan Brunoise. Potongan Brunoise ini untuk digunakan sebagai garnish atau stuffing. Ukurannya 1 mm x 1 mm. Untuk jenis potongan yang ketujuh saya akan mengajarkan jenis potongan Fine Brunoise. Panjang sayurannya tetap sama yaitu 4 cm. Hanya ukurannya bertambah kecil yaitu 0 3 mm. Untuk potongan yang kedelapan saya akan mengajarkan potongan Batonnet. Atau lebih sering dinamakan potongan korek api. Panjangnya sayuran atau vegetable-nya itu panjangnya sekitar 4 cm. Untuk ukurannya itu 4 x 4 mm. Potongan yang kesembilan saya akan ajarkan itu Parisiene. Panjang 4 cm untuk ukuran vegetable-nya atau sayurnya. Tebalnya 2 cm. Ya untuk kegunaannya salad atau soup. Jenis potongan yang kesepuluh yang saya akan ajarkan jenis potongan Payzane. Payzane ini biasanya digunakan untuk saute ataupun garnish. Panjangnya vegetable 4 cm tebalnya 2 mm dan lebarnya itu 10 mm. Gimana? Sudah diikutin semua pelajaran yang saya berikan tentang jenis potongan sayuran atau vegetable ini?

Baca juga :

https://putraeka.org/cari-sewa-bus-semarang-harga-terbaik.html

Comments